Login: anonim

Mangapa Inherent tidak ada Internet/IIXnya?

Date: 04-06-08 12:02

Inherent tidak dirancang untuk memiliki koneksi ke Internet atau IIX. Tentu saja tidak tertutup kemungkinan untuk mengubah rancangan ini. Beberapa pertimbangan tidak adanya IIX atau Internet di Inherent adalah:
1. Inherent dirancang sebagai sarana riset jaringan komunikasi data untuk berbagai aplikasi.
2. Inherent dirncang sebagai sarana berbagi resource pendidikan yang dimiliki masing-masing membernya. Teorinya, pemilik resource tidak akan kehilangan satu bit pun data yang dimiliki dengan aktivitas sharingnya.
3. Inherent dirancang sebagai sarana komunikasi proses pembelajaran.
Saat ini kita baru merasakan butir 3 ini secara terbatas dalam bentuk sebatas aktivitas video teleconference. Beberapa perguruan tinggi telah merasakan kolaborasi perkuliahan jarak jauh baik yang bersifat aktivitas dengan dana hibah maupun mandiri.

Untuk butir 1, teman-teman di localnode banyak belajar mengelola jaringan dengan dynamic routing. Dengan berbagai algoritma dan router, telah dicobakan bekerjasama memilah paket data antar perguruan tinggi dengan paket data non perguruan tinggi. Pengalaman ini harus secepatnya bisa dishare dengan subnode-subnode. Untuk butir kedua, teman-teman yang berkecimpung di dunia teknologi informasi dan komunikasi telah menikmati surga inherent melalui tersedianya resource kambing.ui.ac.id, repo.ugm.ac.id dan seterus. Untuk sharing materi pembelajaran nampaknya perlu pendekatan personal antar dosen lebih dekat agar transfer informasi lebih komunikatif.

Mengapa Inherent tidak ada IIX/Internetnya? Pada pemikiran awal, kebedaraan Internet/IIX dikhawatirkan akan mendominasi penggunaan bandwidth. Dominasi ini dikhawatirkan akan mengganggu proses riset dan resource sharing antar perguruan tinggi. Mengani komentar di shoutbox website ini tentang masih digunakannya IIX sebagai sarana membaca website perguruan tinggi dan website www.inherent-dikti.net serta www.dikti.go.id, pada dasarnya merupakan tantangan bagi teman-teman yang melakukan riset jaringan untuk memastikan trafik antar perguruan tinggi dan dikti ini dilewatkan Inherent. Teknologi routernya rumit, tetapi tidak mustahil. Teman-teman bisa membuktikan bahwa IP banyak perguruan tinggi di Inherent bisa diakases baik melalui jalur Inherent maupun jalur IIX/Internet. Tentu teknologi dynamic routing ini perlu secepatnya diterapkan ke semua member inherent (subnodes).


Kirim Komentar

Nama:

Komentar:

Ketik 1015 di